LATAR BELAKANG
Pengemasan adalah kegiatan yang bertujuan untuk memuat produk (mewadahi).
Kemasan atau wadah mempunyai peranan penting sebagai pembungkus yang memelihara
kesegaran produk selama penyimpanan dan distribusi, melindungi produk dari
kontaminasi lingkungan sekitar dan manusia, mencegah kehilangan selama
pengangkutan dan distribusi, serta sebagai media komunikasi atau promosi.
Adanya kemasan atau wadah dapat membantu mencegah atau mengurangi
kerusakan, melindungi produk dari bahaya pencemaran serta gangguan fisik
(seperti gesekan, dan getaran). Mengingat pentingnya fungsi kemasan tersebut,
maka jenis bahan kemasan, desain dan warna kemasan harus diperhatikan dan
direncanakan dengan baik.
Sekarang ini, kemasan produk pangan yang beredar di pasaran sangat
bervariasi mulai dari kemasan yang sederhana sampai kemasan yang menggunakan
teknologi modern. Kondisi kemasan produk lokal terutama produk pangan hasil IKM
umumnya masih sederhana. Mayoritas pelaku usaha IKM pangan menghadapi kendala
dalam pengadaan kemasan yang benar dan tepat, baik karena penguasaan informasi
dan pengetahuan teknis, juga keterbatasan modal dalam mengembangkan kemasan
produknya.
Selain kendala tersebut, pembatasan minimal order oleh industri kemasan
konventer menjadi kendala lain yang dialami oleh IKM pangan yang hendak
mengembangkan pengemasan produk mereka. Pemberlakuan minimal order dilakukan
untuk menutupi biaya produksi minimal yang harus dikeluarkan oleh industri
kemasan konventer.
Dengan demikian, maka adanya fasilitas rumah kemasan sangat diperlukan
sebagai tempat atau unit pemecahan masalah tentang pengemasan, unit konsultasi
dan tempat jasa pelayanan pengemasan bersama yang dapat diakses oleh para
pelaku IKM.
A.
MAKSUD DAN TUJUAN
Rumah Kemasan
didirikan dengan tujuan untuk membantu dan melayani IKM Pangan dalam mengatasi
masalah yang berkaitan dengan kemasan, agar produk IKM Pangan dapat terlihat
lebih menarik, aman dikonsumsi, terjaga mutunya sehingga dapat meningkatkan
kepercayaan konsumen dan mampu bersaing dengan produk sejenis di pasar dalam
negeri dan luar negeri.
B.
SASARAN
Sasaran dari
pemberian layanan pada Rumah Kemasan yaitu pengusaha IKM khususnya IKM pangan.
C.
HASIL YANG DIHARAPKAN
-
Peningkatan mutu
kemasan produk IKM pangan sehingga menjadi lebih baik tampilan dan bahan
kemasan serta memenuhi peraturan/ketentuan perundang-undangan yang berlaku
dengan memperhatikan jangkauan harga dan biaya yang harus ditanggung IKM
-
Adanya pengetahuan
kemasan bagi pelaku IKM Tersedianya
informasi bagi IKM khususnya terkait kemasan.
Gimna hitungan harga perkemasan
BalasHapusGimna hitungan harga perkemasan
BalasHapuslokasinya di mna?
BalasHapus