Kamis, 23 Oktober 2014

PERAN DAN FUNGSI RUMAH KEMASAN



Peran pengemasan secara sederhana adalah sarana yang membawa produk dari produsen ke tempat pelanggan atau pemakai dalam keadaan yang memuaskan.
Bahan kemasan harus memiliki beberapa sifat komersial agar dapat difungsikan dengan baik, yang antara lain : (1) harus dapat mewadahi produk; (2) harus dapat melindungi produk; (3) harus dapat menjual produk dan (4) biaya-biaya bahan pengemasan tersebut ditinjau secara kesluruhan adalah wajar dan otomatis.
Ada beberapa tujuan mengapa kita mengadakan unsur cetak dalam suatu kemasan yang diantaranya adalah sebagai promosi, informasi, proteksi dan pengamanan.

A.    FUNGSI RUMAH KEMASAN
1.   Memberikan konsultansi dan fasilitasi perbaikan desain kemasan.
2.   Memberikan konsultansi dan informasi mengenai metode, teknologi dan bahan kemasan yang tepat dan sesuai dengan produk.
3.   Memberikan konsultansi dan mediasi ke lembaga/instansi terkait dengan pengemasan seperti pengurusan untuk pendaftaran merek, barcode, halal, P-IRT/MD, perusahaan pencetakan, dan lain-lain.
4.   Memberikan jasa pengemasan produk dengan memanfaatkan mesin kemasan yang ada dalam lingkungan Rumah Kemasan.
5.   Memberikan pelayanan akses ke lembaga-lembaga terkait dengan pengemasan.


B.    PELAYANAN RUMAH KEMASAN
1.   Konsultansi dan informasi mengenai metode, teknologi, dan bahan kemasan yang tepat dan sesuai dengan produk.
2.   Konsultansi dan mediasi ke lembaga/instansi terkait dengan pengemasan seperti pengurusan untuk pendaftaran merek, barcode, halal, P-IRT/MD
3.   Konsultansi dan fasilitasi perbaikan desain kemasan
4.   Pembuatan Desain, meliputi:
·        Desain Identitas Perusahaan
·        Desain Merek
·        Desain Kemasan
·        Desain Publikasi
5.   Pembuatan Kemasan dan Barang Cetakan, meliputi :
·        Kemasan Inner Box (menggunakan kertas cts, ivory, duplex, samson craft, dll)
·        Kemasan Outer Box (Corrugated paper)
·        Kemasan plastik transparan
·        Kemasan alumunium voil + stiker merek dan gambar
·        Label/ tag. Stiker, brosur, dll
6.   Pelatihan dan Sosialisasi mengenai :
·        Wawasan dan aspek kemasan
·        Pemahaman estetika kemasan
·        Training pembuatan kemasan
·        Pengembangan desain kemasan
·        Manajemen pemasaran
·        Standardisasi produk
·        Pelabelan
·        Branding

Tidak ada komentar:

Posting Komentar